Home » » Trick Bermain Ps2 menggunakan Flashdisk/HDD Eksternal

Trick Bermain Ps2 menggunakan Flashdisk/HDD Eksternal

Written By Unknown on Thursday, July 3, 2014 | 6:40 AM

  • Bermain ps2 dengan flashdisk atau HDD Eksternal
Trick ini saya gunakan untuk mengurangi kerusakan pada optik ps 2 yang terlalu sering digunakan untuk memutar dvd game ps2, dan disini saya akan membagikan tutorial bagaimana langkah-langkah pengerjaannya. ok, langsung saja kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan selama pengerjaannya.

Bahan-bahan :
  1.  Console ps2 ( ini harus dan wajib )
  2. flashdisk 4 gb ( atau lebih ), atau HDD Eksternal kapasitas 250 gb dengan format FAT32
  3. OPL 0.8 bisa didownload disini
  4. Free Mcboot 1.8b noobie package bisa di download disini
  5. USBUTIL 2.00 full English ( untuk instal game kurang dari 4 gb ) downloadnya disini
  6. USB EKSTREME win 32 utility ( yang ini untuk game dengan kapasitas lebih dari 4 gb ) bisa didownload disini
  7. UlaunchElf cd bisa didownload disini
Dan sekarang tahap pengerjaannya

Langkah pertama :
  • Ekstrak FreeMcboot.zip dan OPL 0.8.zip copy ke flashdisk  
  • Burn Ulaunch yang tadi didownload ke cd
  • Kemudian masukan cd Ulaunchelf yang tadi ke dalam ps2, dan tunggu hingga muncul beberapa pilihan. Kemudian pilih Ulaunchelf dan tunggu beberapa saat sampai muncul menu, pada menu utama ini tekan "O" untuk "File Browser" pilih "Mass" dan tekan "O" kemudian pilih "FREE_MCBOOT ELF" tekan "O". Setelah masuk menu mcboot pilih format mmc ( backup saja dulu save gamenya karena setelah di format akan hilang semua datanya)
  • pilih normal instal dan tunggu hingga prosesnya selesai, ambil cd ulaunchelfnya dan matikan ps2. kemudian nyalakan ps2 nya, jika instalasi berhasil akan muncul menu free Mcboot
  • masuk ke menu ulaunchelf pilih "Mass:\" pilih OPL 0.8 tekan R1 lalu pilih copy tekan segitiga untuk kembali ke menu sebelimnya, kemudian pilih mc0 tekan "O", pilih BOOT tekan "O" pilih OPL elf tekan R1 dan pilih delete setelah opl elf terhapus kembali tekan R1 dan pilih paste, jika benar maka opl 0.8 elf akan tercopy di folder BOOT, reset ps2.
  • Masuk ke menu Mcboot free mcboot configurasi tekan O, pilih configure osdsys-option, pilih configure item, tekan kanan cari tulisan opl tekan O lalu pilih "path 1" tekan O pilih "Mass:\" pilih "boot" lalu pilih opl 0.8 elf
  • lalu kembali ke menu sebelumnya kembali lagi pilih "safe cnf to mc0" tunggu beberapa saat lalu pilih "ps2 browser (fmcb restart)" 
 Sampai disini langkah pengerjaannya hampir selesai, sekarang tinggal menginstal game yang diinginkan ke flashdisk atau HDD eksternal dengan cara:
  • Jalankan USBUTIL atau USB Ekstreme di computer, masukan dvd game ps2 yang kamu ingin copy ke komputer
  • Untuk game dengan kapasitas lebih dari 4 gb gunakan USB ekstreme, jika sebaliknya game dengan kapasitas di bawah 4 gb gunakan USBUTIL
  • Untuk diperhatikan buatlah folder dengan nama DVD,CD,THM,APPS,ART,VMC pada HDD eksternal, jika copy game dari dvd maka masukkan kedalam folder DVD, jika dari disk putih masukan ke folder CD, ini berlaku hanya jika  menggunakan USBUTIL karena software ini secara otomatis membuat file ISO dari game yang dicopy
  • Jika menggunakan USB ekstreme copian akan berbentuk part-part terpisah jadi akan secara otomatis terinstal di HDD atau flashdisk.
 OK demikian tutorial bagaimana bermain ps2 dengan flashdisk tanpa menggunakan DVD game. semoga bermanfaat. dan selamat mencoba!!!

0 komentar:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS